A.     Standar Kompetensi
1. Memahami Dasar-dasar Penggunaan Internet / Intranet

B.     Kompetensi Dasar
1.2.   Memahami dasar-dasar sistem jaringan di Internet / intranet

C.     Indikator

  1. Menjelaskan bentuk komunikasi perangkat TI  secara logis dan santun
  2. Mengidentifikasi jenis-jenis jaringan dan manfaatnya secara analitis dan logis
  3. Mengidentifikasi bentuk jaringan internet dengan intranet secara analitis dan logis

=============================================================================

D.     Materi

Bentuk Komunikasi

Ilustrasi bentuk komunikasi manusiaIlustrasi bentuk komunikasi semut

 

 

 

 

 

 

 

 

Interaksi anntara dua pihak untuk saling memberi dan menerima informasi, tidak hanya terjadi pada manusia, hewan atau makhluk hidup lainnya, baik komunikasi searah maupun komunikasi dua arah. Komputer pun bisa digunakan untuk berkomunikasi baik searah maupun dua arah walaupun tergantung operatornya.

Komunikasi komputer berupa interaksi saling memberi dan menerima data (file). Komunikasi bisa langsung, dengan perantara penghubungnya kabel atau tanpa kabel. Komunikasi juga bisa tidak langsung, data dipindahkan ke media penyimpan sementara (flashdisk atau compact disk/disket) kemudian media penyimpan sementara tersebut dibawa ke komputer yang akan dituju sebagai penerima data.

Bentuk CD keping

Contoh bentuk flashdisk

 

Jaringan dan Jenisnya

Jaringan bisa diartikan sebagai sekumpulan perangkat teknologi yang saling dihubungkan dengan sebuah media. Perangkat teknologi yang bisa saling dihubungkan dalam jaringan ini meliputi PC / Personal Computer, Laptop / komputer jinjing, Handphone maupun tablet PC. Perangkat tablet PC merupakan perangkat komputer dengan teknologi yang digabungkan dengan handphone. Jadi fungsional komputer ada dan fungsional ponsel juga dibenamkan pada perangkat tersebut.

Jaringan sangat diperlukan apabila dalam satu area kerja terdiri dari beberapa PC atau laptop, karena tidak mungkin dalam satu area kerja / instansi yang terdiri dari beberapa atau banyak PC tidak

terjadi kontak komunikasi  data antar PC atau laptop.

Dipilihnya jaringan disebabkan beberapa keuntungan yang bisa diperoleh :

  1. Bisa berbagi sumber daya (Printer) sehingga memperkecil biaya
  2. Mempercepat proses komunikasi data komputer
  3. Reliabilitas datanya tinggi (jaminan keutuhan data).
  4. Untuk OS Berbayar, licensee lebih murah.
  5. Bisa digunakan untuk komunikasi antar pengguna komputer dalam jaringan
  6. Bisa saling berbagi koneksi internet

Beberapa jenis jaringan :

1.   Peer to peer

Jaringan ini hanya terdiri 2 buah perangkat yang dihubungkan dengan media (kabel) tanpa ada alat tambahan lain. Komunikasinya terjadi hanya antara 2 perangkat tersebut. Jaringan ini ada yang menyebut sebagai jaringan workgroup.

2. LANBagan LAN

Jaringan LAN (Local Area Network) adalah jaringan yang terdiri dari beberapa komputer yang saling terhubung dalam area terbatas (1 area). Jaringan ini biasanya digunakan untuk koneksi komputer dalam 1 bangunan atau 1 area kantor. Keterbatasan area dari LAN berkenaan dengan kemampuan hantar dari Kabel UTP yang terbatas, disarankan maksimal panjang kabel UTP untuk koneksi adalah 100 meter. Lebih dari itu dibutuhkan perangkat tambahan lagi untuk menaikkan kemampuan hantar dari kabel.

3.  MAN / WAN

Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) maupun WAN (Wide Area Network) adalah jaringan yang terdiri dari lebih banyak komputer yang telah dihubungkan dalam masing-masing jaringan LAN. Masing-masing LAN ini saling dihubungkan. Intinya MAN/WAN adalah kumpulan dari beberapa LAN yang saling berhubungan. Metropolitan artinya kota, sehingga MAN ini adalah koneksi dari beberapa LAN yang masih dalam 1 (satu) kawasan. Sedangkan WAN merupakan koneksi dari banyak LAN dengan area yang tidak terbatas. Jenis jaringan WAN inilah yang digunakan oleh Internet.


MAN sering digunakan pada perusahaan yang berbasis IT dan anak cabang-anak cabang perusahaannya.

Jaringan Intranet dan Internet pada LAN

Jaringan yang dipergunakan oleh intranet dan internet sebenarnya hampir sama. Intranet dan internet merujuk pada sebuah sistem kerja. Kerja Internet maupun intranet adalah mengakses kearah sumber informasi/data yang sudah diidentifikasi alamatnya. Sumber informasi/data yang dimaksud adalah server.

Untuk membangun sebuah jaringan Intranet dari sebuah jaringan LAN, cukup ditambahkan 1 PC yang berfungsi sebagai server. Pada PC yang dijadikan server dipasang sebuah program berbasis website untuk mengidentifikasi diri sebagai server.

Sehingga untuk menyampaikan informasi apapun dalam sebuah jaringan lokal, cukup dengan mengupdate informasi di PC servernya.

Pada jaringan internet, server tidak berada dalam lokasi berdekatan. Jumlah server  pun tidak bisa dihitung. Hal ini karena informasi di dunia internet memang tidak terbatas. Jaringan LAN yang sudah dikonfigurasi dengan baik, untuk bisa mengakses internet perlu ditambahkan perangkat untuk berhubungan dengan server- server di internet.

Istilah dalam jaringan lokal :

PC Alone = PC yang tidak terhubung ke jaringan.

PC Clients = PC yang terhubung kedalam sebuah jaringan

Server = perangkat yang digunakan untuk menyimpan semua informasi / database dalam sebuah jaringan lokal.

Server pada sebuah jaringan lokal juga berfungsi sebagai pengatur koneksi clients ke jaringan internet. Namun ada juga konfigurasi jaringan yang tidak menggunakan sistem server-client. Namun fungsional server digantikan oleh Router dan Proxy.

Radio dan antena dipasang di atas tower untuk diarahkan ke BTS pengirim sinyal/gelombang internet.

E. Evaluasi

  1. Tuliskan bagaimana bentuk komunikasi dari komputer !
  2. Apa maksud dari berbagi koneksi internet ?
  3. Tuliskan jenis jaringan terkecil dari beberapa macam jaringan yang ada !
  4. Tuliskan perbedaan perangkat pada jaringan intranet dan internet !
  5. Tuliskan 2 jenis media penghubung jaringan !

F.  DAFTAR PUSTAKA

Fairus N.H. 2007. Internet Pelajaran TIK untuk SMP. Jakarta : Ganeca Exact.

Mashari. Arif Dwi Armawan. 2009. Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP/MTs Kelas IX. Semarang : Aneka Ilmu.

Download Modul 2