Standar Kompetensi :
3. Surfing / Jelajah Internet

Kompetensi Dasar :
3.1. Memanfaatkan Search Engine

Materi : Web Search Engiine
Sub Materi
: Penggunaan Website Search Engine

=============================================================


TEORI

Website Search Engine adalah website yang bertugas mencarikan informasi apapun di seluruh jaringan internet tentang apa yang diminta. Permintaan dari pengunjung ini disebut kata kunci pencarian. Kata kunci ini dituliskan di tempat (form) yang telah disediakan search engine. Kata kunci akan diolah search engine setelah eksekusi (perintah pencarian) diklik.

Beberapa contoh web search engine di internet :

(1) Google (www.google.com / www.google.co.id)

Google dikembangkan tahun 1998 oleh dua sahabat Larry Page dan Sergey Brin dari Stanford University. Google mudah  dalam mengoperasikannya,  layout nya ringkas,  cepat, dan mempunyai fasilitas untuk mencari website yang hilang. Google mempunyai basis data  yang besar dan dapat membagi basis datanya dengan mesin pencari lain seperti Yahoo. Artinya jika kata yang Anda  cari tidak ditemukan di basis data  Google, pencarian akan dilakukan pada basis data Yahoo. Google juga  menyediakan pencarian  dengan berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Keterangan :

1.  Menu tampilan search engine saat ini (WEB). Digunakan untuk mencari artikel terkait kata kunci maupun alamat website.
2.  Menu pencarian khusus gambar
3.  Menu untuk pencarian lokasi dalam bentuk peta
4.  Menu untuk mencari berita-berita aktual
5.  Menu untuk mencari referensi buku-buku
6.  Menu untuk melakukan terjemah kata dalam berbagai bahasa di dunia. Sama dengan nomor 11.
7.  Menu untuk email milik google
8.  Menu lain yang sembunyikan dari tampilan. Isinya :

9.  Menu untuk masuk ke gmail (email google)
10. Form untuk menuliskan kata kunci pencarian
11.  Menu untuk masuk ke terjemahan. Sama dengan nomor 6.
12.  Tombol eksekusi pencarian
13.  Menu untuk mengubah bahasa tampilan search engine google.

(2) Yahoo (www.yahoo.com / id.yahoo.com)

Yahoo merupakan mesin pencari yang  menggunakan pengindeksan pada direktori.  Yahoo dikembangkan berawal dari koleksi link pribadi Jerry  YangYahoo juga mempunyai basis data  yang besar dan dapat membagi basis datanya  dengan Google.  Artinya jika kata yang Anda  cari tidak ditemukan di basis data  Yahoo, pencarian akan dilakukan di basis data  Google. Kelebihan lain yaitu semua webmaster ingin agar website mereka terdaftar di indeks Yahoo.

(3) Altavista (www.altavista.com)

Altavisa merupakan mesin pencari yang kembangkan oleh Digital Corp. Altavista mempunyai kelebihan dalam pencarian canggih (advanced search) dengan menggunakan operator Boolean AND, OR, (), NOT, NEAR, “, dan *.

(4) Lycos (http://lycos.com/)

Lycos dikembangkan di Carnegie Mellon University pada tahun 1994 dan merupakan mesin pencari yang  paling tua. Kelebihan Lycos adalah mudah digunakan dan mudah menemukan website .

Hasil pencarian Google

Hasil pencarian ditampilkan dalam 3 bagian :

Bagian pertama : Link masuk situs hasil pencarian, tulisan besar dan biasanya berwarna biru.
Bagian kedua    : Ringkasan artikel yang berkaitan dengan kata kunci yang terdapat dalam isi web. Menjadi acuan cocok atau tidaknya hasil pencarian.
Bagian ketiga    :  Alamat websitenya hasil pencarian.
Berikut contoh hasil pencarian :

Secara lengkap tampilan hasil pencarian google :

Pembatasan Pencarian

Berhasil atau tidaknya pencarian informasi dari perintah pencarian di search engine tergantung pada kata kunci yang kita masukkan dalam form. Semakin tepat penggambaran permintaan yang kita ketikkan, maka hasil pencarian akan semakin akurat.

Pembatasan pencarian untuk lembih dari 1 kata kunci :

1.  Menggunakan symbol logikan AND. Dalam kata kunci berupa simbol (+).
Simbol logika AND pada setiap pemisah kata dimaksudkan untuk mencari dan menampilkan informasi pada artikel yang mengandung setiap kata kuncinya berdekatan, misalnya kata-kata kunci tersebut ditemukan dalam 1 paragraf yang sama.

Contoh kunci :   TIK+Komputer+SMP

2.       Menggunakan tanda petik (“ ”)
Simbol /  frase petik dimaksudkan untuk membatasi pencarian pada sebuah artikel yang mengandung kata kunci sama persis. Jika ada artikel yang mengandung kata-kata kunci namun tidak dalam satu tempat/terangkai seperti kata kunci, maka tidak ditampilkan.

Contoh kunci : “TIK Komputer SMP”

Daftar urutan hasil pencarian ditentukan oleh beberapa hal :

  1. Statistik pengunjung websitenya.
  2. Terdaftar atau tidaknya website.
  3. Terbuka atau tidaknya website untuk pelacakan search engine

PRAKTIK

Membandingkan hasil pencarian dengan pembatasan :
1.  Buka website google.co.id
2.  Pada menu web (defaultnya), ketikkan di form : TIK Komputer SMP
3.  Tekan tombol enter atau klik tombol telurusi
4.  Catat  : jumlah hasil pencarian, waktu yang dibutuhkan dan 4 alamat web teratas.
5.  Lakukan langkah tersebut di atas  untuk kata kunci : TIK+Komputer+SMP   dan  “TIK Komputer SMP”.
6.   Catat hasilnya pada tabel :
Tabel perbandingan

Kata Kunci
TIK Komputer SMP TIK+Komputer+SMP “TIK Komputer SMP”
Jumlah hasil pencarian
Waktu yang dibutuhkan
Urutan daftar alamat web 1. 

2.

3.

4.

1. 

2.

3.

4.

1. 

2.

3.

4.

Membandingkan hasil pencarian pada  beberapa Search Engine :
1.  Buka website google.co.id
2.  Ketik kata kunci : “TIK Komputer SMP”
3.  Tekan tombol enter.
4.  Catat : jumlah hasil pencarian, waktu yang dibutuhkan dan 4 alamat web teratas.
5.  Lakukan langkah 1 – 4  untuk search engine Yahoo, Licos dan Astavista
6.  Catat hasilnya pada tabel.

Pembanding
Jumlah hasil pencarian Waktu pencarian 3 web teratas
Google.co.id
Id.yahoo.com
Lycos.com
Astavista.com

MASALAH UMUM

Search engine yang populer hanya Google dan Yahoo. Sebenarnya masih banyak search selain yang disebutkan. Namun intinya search engine mempunyai ciri ada form pencariannya yang terlihat menjadi bagian utama.

 

Download materi ini